Tulisan Softskill Bulan Oktober 2010_Studentsite Gunadarma University (Sebuah fasilitas Web akademis mahasiswa Gunadarma University)


Tulisan Softskill Bulan Oktober_
Studentsite Gunadarma University
(Sebuah fasilitas Web akademis mahasiswa Gunadarma University)

A. Apa itu Studentsite Gunadarma?
Mungkin pertannyaan itu yang selalu ditannyakan oleh para mahasiswa baru yang baru saja menjadi mahasiswa Gunadarma atau bagi yang baru mendengar mengenai fasilitas tersebut. Disini penulis akan menjelaskan sedikit tengtang apa itu “Studentsite Gunadarma”. Untuk memenuhi keingintahuan para mahasiswa dan para pembaca selain mahasiswa Gunadarma yang belum mengetahui tentang “Studentsite Gunadarma”.

Studensite Gunadarma adalah fasilitas berbasis web yang diperuntukan bagi semua mahasiswa Universitas Gunadarma yang masih aktif. Dengan fasilitas ini, mahasiswa Universitas Gunadarma dapat berkolaborasi dan saling mendapatkan informasi antar civitas akademika Universitas Gunadarma.
Studentsite Gunadarma sendiri dapat diakses melalui alamat URL “http://studentsite.gunadarma.ac.id“. Studentsite Gunadarma ini di-launching pada tanggal 23 November 2006. Dan dalam waktu satu minggu setelah kegiatan sosialisasi di Auditorium Universitas Gunadarma, jumlah mahasiswa yang sudah memanfaatkan fasilitas terbaru tersebut lebih dari 500 orang. Sedangkan hingga saat ini jumlah mahasiswa Gunadarma yang telah memanfaatkan fasilitas tersebut sudah mencapai sekitar 100%, ditambah oleh para mahasiswa baru Gunadarma Tahun 2010.

B. Kelebihan Studentsite Gunadarma yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa Gunadarma
Ada banyak kelebihan atau manfaat dan kegunaan dari Studensite Gunadarma. Dalam fasilitas ini Mahasiswa dapat memperoleh dan membaca berita-berita terkini mengenai Universitas Gunadarma yang juga dimuat di website resmi Universitas Gunadarma, “didalam Akun Studentsitenya masing-masing”. Selain itu, segala berita akademis yang bersumber dari BAAK juga dapat diperoleh mahasiswa dalam suatu fitur Studentsite yang terdapat dalam akun Studentsite masing-masing mahasiswa. Beberapa fitur-fitur yang terdapat didalam Studentsite tersebut adalah sebagai berikut :
1. LOCKER.
Seperti halnya sebuah loker biasa yang dapat menyimpan berbagai barang pribadi si pemilik, fitur LOCKER ini juga dapat meyimpan pesan dosen (Lecture Message) yang diberikan oleh dosen dari mahasiswa yang bersangkutan, Rangkuman Nilai, Jadwal Kuliah , dan Jadwal Ujian. Jadi dengan hanya membuka “LOCKER”, mahasiswa bisa tahu semua hal yang terkait dengan kegiatan akademisnya di Universitas Gunadarma.
2. ADDRESS BOOK.
Adalah suatu fitur Studentsite yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola alamat-alamat email kolega dari mahasiswa yang bersangkutan.
3. CALENDAR.
Dengan menggunakan fitur tersebut mahasiswa dapat mengatur jadwal hariannya selayaknya agenda. Dengan demikian, tidak ada kegiatan yang terlewatkan atau terlupakan.
4. FILE MANAGER.
Disini Mahasiswa dapat menyimpan dan mengelola file-file yang dimilkinya dengan menggnakan fitur tersebut.
5. FORUM.
Adalah salah fitur yang juga menjadi daya tarik dari fasilitas Studensite Gunadarma tersebut. Dalam fasilitas ini mahasiswa dapat berkomunikasi dan bertukar pikiran mengenai suatu topik yang sedang hangat saat ini dengan rekan-rekannya melalui fitur ini.
6. POLLS.
Fitur ini masih dalam satu jenis dengan fitur yang telah disebutkan sebelumnya yaitu FORUM. Dengan fitur ini, mahasiswa bisa menjaring pendapat rekan-rekannya mengenai suatu topik, peristiwa maupun fenomena yang sedang terjadi.
7. EMAIL.
Dalam fitur ini mahasiswa juga dapat memperoleh fasilitas email seperti selayaknya surat elektronik yang lain, seperti Yahoomail dan lain-lain dengan kapasitas 100 MB. Fitur email ini dapat diakses dalam satu layar (window) aplikasi dengan Studentsite. Sehingga mahasiswa tidak perlu mengaktifkan aplikasi browser lagi untuk melihat ataupun membuat surat elektronik. Fitur ini juga menyediakan komponen yang sudah umum seperti filtering, managing folder, deleting, dan lainnya. Kapasitas yang besar juga membuat mahasiswa lebih fleksibel untuk mengatur aktivitas surat-menyurat elektroniknya.
8. BOOKMARK.
Adalah fitur yang harus dimanfaatkan oleh mahasiswa yang sering mencari informasi melalui internet, terutama jika mereka memiliki situs favorit yang sering mereka kunjungi. Karena dengan fitur ini si mahasiswa dapat menyimpan URL situs favoritnya tersebut untuk referensi di kemudian hari.

C. Kekurangan Studentsite Gunadarma
Dari banyaknya kelebihan fasilitas Studentsite Gunadarma yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa Gunadarma tersebut, masih sungguh disayangkan karena ternyata masih dapat ditemui kekurangannya. Seperti halnya sebuah peribahasa mengatakan “Tidak ada gading yang tidak retak” atau peribahasa arab juga mengatakan “Kullu syaiin maziyah” yaitu setiap segala sesuatu itu pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Oleh karena itu Studentsite Gunadarmapun tidak luput dari kekurangannya.
Salah satu kekurangan yang dapat ditemui dalam Studentsite Gunadarma oleh para penggunanya termasuk saya sendiri selaku penulis dan mahasiswa Gunadarma adalah, mengenai fitur email dalam Studentsite Gunadarma itu sendiri. Yaitu bahwasannya email tersebut tidak memiliki “penyimpanan” emailnya, sehingga membuat pengguna tidak mengetahui mengenai “Email keluar” yang sudah terkirim, dengan kata lain tidak bisa dilakukan pengarsipan email terkirim. Selain itu terkadang Studentsite Gunadarma tidak bisa diakses atau “eror connection”. Seperti yang terjadi pada saat artikel ini ditulis dan diposting oleh saya selaku penulis yaitu tepatnya pada tanggal 29 Oktober 2010 – 31 Oktober 2010. Sehingga saya juga kesulitan mengganti atau meng Up date alamat / URL Blog saya yang baru (karena saya mengganti Blog saya dari “Blogspot” ke “Wordpress”) di Akun Studentsite saya diakibatkan Web Studentsite yang tidak bisa diakses. Namun akhirnya pada tanggal 31 Oktober 2010, sekitar jam 2 siang saya coba kembali untuk mengakses Studentsite dan ternyata bisa terakses kembali secara normal dan tanpa masalah. Sehingga saya bisa mengganti URL / Alamat Blog saya yang baru dari “Blogspot” ke “WordPress”. Begitulah hasil analisis dan penjelasan saya seputar Studentsite Gunadarma, bilamana ada sedikit kekurangan mohon untuk dimaklumi, karena penulis masih dalam tahap “belajar” di Universitasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s