PENGANTAR BISNIS SESI 6 PEMASARAN


PENGANTAR BISNIS SESI 6
PEMASARAN

A. Pengertian Pemasaran.
Pemasaran adalah proses dimana perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan pelanggan yang kuat untuk menangkap kembali nilai dari pelanggan.
Pemasaran juga biasa diartikan dengan suatu proses sosial dan manajerial, dimana individu-individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan, penawaran, dan pertukaran produk dan jasa yang bernilai.

B. Pasar dan Jenis-jenis Pasar.
Pasar adalah tempat pertemuan antara penjual dan pembeli. Dengan kata lain, pasar merupakan suatu tempat atau daerah yang di dalamnya terdapat kekuatan-kekuatan permintaan dan penawaran yang saling bertemu untuk menentukan harga.
Pasar juga bisa diartikan dengan orang-orang yang memiliki keinginan atau kebutuhan, yang mempunnyai uang untuk berbelanja, dan mempunnyai kemauan pula untuk membelanjakan uangnya, demi memenuhi kebutuhannya. Dan macam-macam atau jenis-jenis pasar ada empat, yaotu sebagai berikut :
1. Pasar Konsumen.
Adalah sekelompok pembeli yang membeli barang-barang untuk dikonsumsi sendiri, bukan untuk dijual atau diproses lebih lanjut.
2. Pasar Industri.
Adalah pasar yang terdiri atas individu-individu dan lembaga atau organisasi yang membeli barang untuk dipakai lagi dalm memproduksi barang lain untuk kemudian dijual kepada konsumen.
3. Pasar Penjual.
Adalah suatu pasar yang terdiri dari individu-individu dan organisasi yang membeli barang dengan maksud untuk dijual lagi atau disewakan agar mendapat laba.
4. Pasar Pemerintah.
Adalah pasar dimana terdapat lembaga-lembaga pemerintah yang melakukan proses pembelian produk yang terkait pada layanan public atau masyarakat.
Dalam pasar juga terdapat Sagmentasi Pasar, yaitu adalah suatu kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar (segmen pasar) yang besifat homogen. Syarat sagmentasi pasar adalah sebagai berikut :
1. Measurability.
2. Accessibility.
3. Substantiality.

C. Konsep Inti Pemasaran.
Bagi Perusahaan yang menganut konsep pemasaran akan mengarahkan kegiatannya kepada pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen (consumer oriented). Oleh karena itu, perusahaan harus :
1. Menentukan kebutuhan pokok dari pembeli yang akan dilayani
2. Memilih kelompok pembeli tertentu sebagai sasaran dalam penjualannya
3. Menentukan produk dan program pemasarannya
4. Mengadakan penelitian pada konsumen untuk mengukur, menilai dan menafsirkan keinginan, sikap serta tingkah laku konsumen
5. Menentukan dan melaksanakan strategi yang paling baik, apakah mengutamakan pada mutu atau kualitas yang baik, harga yang murah, atau desain yang menarik

D. Manajemen Pemasaran.
Sedangkan manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penentuan harga, promosi dan distribusi ide-ide, barang-barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang saling memuaskan antara individu dan organisasi. Dan falsafah dalam manajemen pemasaran adalah sebagai berikut :
1. Konsep Produksi.
Kosumen menyukai produk yang tersedia dimana-mana dan harganya terjangkau.
2. Konsep Produk.
Konsumen menyukai produk yang mempunyai kualitas, model dan ciri-ciri yang istimewa.
3. Konsep Penjualan.
Konsumen akan membeli produk, apabila perusahaan melakukan promosidan usaha penjualan.
4. Konsep Pemasaran.
Kunci untuk keberhasilan adalah penentuan tujuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan pemberian kepuasan yang diinginkan lebih efektif dan efisien dari yang dilakukan oleh pesaing.
5. Konsep Pemasaran Berwawasan Sosial.
Tugas organisasi ialah untuk menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran, memberi kepuasan yang diinginkan secara lebih efisien dan efektif dari pada pesaing, dengan cara mempertahankan dan meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.

E. Bauran Pemasaran.
Bauran pemasaran adalah kombinasi yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yaitu : produk, struktur harga, kegiatan promosi, dan sistem distribusi.
Dan untuk mencapai tujuan tujuan pemasaran, ada empat unsur yang harus saling mendukung satu sama lain, empat unsur tersebut antara lain adalah sebagai berikut :
1. Product (Produk).
Adalah suatu sifat yang kompleks baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba, termasuk bungkus atau kemasan, warna, harga, prestige, pelayanan yang diterima oleh pembeli untuk memenuhi keinginan dan kebutuhannya.

Penggolongan Produk :

Menurut Tingkat Pemakaian Menurut Tujuan Pemakaian
Durable Goods Barang Konsumsi
Non-durable Goods Barang Industri
Services

2. Price (Konsep Harga).
Harga adalah sejumlah uang yang ditagihkan untuk suatu produk dan jasa (dalam makna sempit). Atau dapat pula didefinisikan secara luas yaitu sebagai jumlah nilai yang ditukarkan konsumen untuk keuntungan memiliki dan menggunakan produk atau jasa.
Salah satu prinsip bagi manajemen dalam penentuan harga adalah mengutamakan pada kemauan dan kemampuan pembeli untuk harga yang telah ditentukan dengan jumlah yang cukup untuk menuutup biaya-biaya dan menghasilkan laba atau keuntungan.
Sedangkan konsep dalam harga adalah strategi bagaimana penetapan harga suatu produk barang dan/atau jasa, yaitu sebagai berikut :
a) Harga Psikologis – Odd Even Pricing. Harga ditetapkan dengan angka ganjil. Contoh : Rp 999.900,-
b) Price Lining. Harga ditetapkan dengan cara berjenjang untuk moel, ukuran dan kualitas produk yang berbeda. Contoh : untuk takaran 300gr harga = Rp 5.000, untuk takaran 500gr harga = Rp 8.000, untuk takaran 1kg harga = Rp 12.000.
c) Discount Pricing. Harga dikurangi diskon dalam rangka promosi.
d) Harga Geografis. Harga ditetapkan berdasarkan tempat pengiriman produk.
3. Place (Menempatkan / Strategi Distribusi).
Strategi distribusi atau saluran distribusi adalah yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang dari produsen ke konsumen atau pemakai industry. Pihak yang terlibat dalam Saluran distribusi adalah :
a) Pedagang Besar.
b) Agen.
c) Pengecer.
4. Promotion ( Strategi Promosi).
Adalah merupakan arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran. Kegiatan promosi meliputi :
a) Periklanan.
b) Personal Selling.
c) Promosi Penjualan.
d) Publisitas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s