PENGANTAR BISNIS SESI 9 MANAJEMEN KEUANGAN PERUSAHAAN


PENGANTAR BISNIS SESI 9
MANAJEMEN KEUANGAN PERUSAHAAN

A. Pengertian Manajemen Keuangan.
Manajemen Keuangan adalah segala kegiatan manajemen yang berkaitan dengan aktifitas mencari dana dengan biaya seefisien mungkin dan aktifitas menggunakan dana seefektif mungkin.

Manajemen Keuangan juga bias disebut dengan suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan. Manajemen keuangan berhubungan dengan 3 aktivitas, yaitu :
1. Aktivitas penggunaan dana. Yaitu aktivitas untuk menginvestasikan dana pada berbagai aktiva.
2. Aktivitas perolehan dana. Yaitu aktivitas untuk mendapatkan sumber dana, baik dari sumber dana internal maupun sumber dana eksternal perusahaan.
3. Aktivitas pengelolaan aktiva. Yaitu setelah dana diperoleh dan dialokasikan dalam bentuk aktiva harus dikelola seefisien.

B. Peran dan Tanggung Jawab Manajer Keuangan.
Seperti telah dijelaskan sebelumnya pada pengantar bisnis sesi 1, bahwa kata “Manajemen” berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Dari definisi manajemen tersebut maka, dapat diambil kesimpulan bahwa definisi “Manajer” adalah seseorang yang bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi, sehingga dapat disimpulkan kembali bahwa “Manajer Keuangan” adalah seseorang yang bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi dalam hal “Keuangan”.
Manajer keuangan memiliki peran dan tanggung jawab yang amat penting dalam organisasi keuangan yang dipegangnya. Peran dan tanggung jawab tersebut itu adalah antara lain :
1. Bertanggung jawab terhadap keputusan. Yaitu mencangkup keputusan perolehan, keputusan pembiayaan, keputusan pengelolaan aktiva.
2. Pengalokasian sumber-sumber ekonomi. Yaitu dilakukan demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi perusahaan yang bersangkutan.
3. Dapat menghadapi perubahan lingkungan dalam alokasi aktiva.
4. Peramalan dan perencanaan keuangan.
5. Keputusan besar dalam investasi dan pembiayaan.
6. Pengkoordinasikan dan pengendalian.
7. Interaksi dengan pasar modal.

C. Perencanaan Keuangan.
Salah satu tujuan sebuah perusahaan atau pelaku ekonomi yang paling umum adalah untuk mendapatkan laba atau keuntungan sebesar mungkin namun dengan cara yang sehat tentunya. Demi terwujudnya tujuan tersebut, maka perlu adanya penjegahan atau peminimalisiran kerugian atau permasalahan-permasalah keuangan lainnya, yaitu dengan “Perencanaan Keuangan”. Pada umumnya perencanaan keuangan memiliki lima tahap penting, yaitu sebagai berikut :
1. Menentukan Tujuan Keuangan.
2. Menganalisa Kondisi Keuangan Sekarang.
3. Membuat Rencana Keuangan.
4. Melakukan Implementasi Dari Rencana Keuangan.
5. Monitor dan Evaluasi Berkala.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s