LEASING Bag 5 Pengambilam Keputusan dalam Leasing (Tulisan Softskill -7_semester 4)


LEASING Bag 5
Pengambilam Keputusan dalam Leasing
(Tulisan Softskill -7_semester 4)

Keputusan Membeli atau Leasing.
Dalam manajemen keuangan sama halnya dengan ilmu manajemen pada umumnya, yaitu pada salah satu kegiatannya adalah pengambilan keputusan yang bertujuan untuk mendapatkan pilihan yang terbaik. Dan seperti yang telah diketahui bahwa pada manajemen keuangan dalam hal sewa guna usaha, umumnya akan ditemukan permaasalahan mengenai mana yang lebih baik antara membeli barang secara langsung atau leasing.

Dan pada bagian ini akan dijelaskan mengenai permasalahan tersebut, yang mana penjelasannya diambil dari Modul Panduan Praktikum – Manajemen Keuangan 2.

Dari sudut pandang lessee, keputusan untuk membeli dengan dana dari hutang atau leasing suatu aktiva diambil setelah melakukan analisa sebagai berikut :

Contoh Soal :
Jika sebuah bangunan yang ingin dibeli oleh PT. DANGO untuk pelebaran proyeknya berharga Rp. 40.000.000. Bangunan tersebut didepresiasikan 4 tahun untuk pembayaran pajaknya tanpa nilai sisa dengan metode garis lurus. Perusahaan sedang mempertimbangkan pembeliannya apakah dengan membeli aktiva atau dengan leasing. Jika nilai sisa sebelum pajak pada tahun ke-4 sebesar Rp. 5.000.000, bangunan tersebut diperkirakan menghasilkan arus kas sesudah pajak Rp. 7.000.000 per tahun. Biaya pemeliharaan bangunan tersebut Rp. 2.000.000 per tahun yang dibayar oleh lessor. Jika leasing payment tahunan sebesar Rp. 3.500.000 per tahun (ditentukan oleh lessor) dan biaya bunga yang dibayarkan perusahaan jika meminjam dari Bank sebesar 9%. Tentukan apa yang harus dipilih oleh perusahaan bila pajak penghasilan perusahaan adalah 50% dan biaya modal perusahaan 7% ?

Jawaban :

LANGKAH 1

LANGKAH 2

Karena NPV 0  NPV + NAL = -16.289.521,205 + 17.725.323,88 = 985.802,62

Kesimpulan :
Karena NPV 0 dengan NPV + NAL > 0 maka Proyek mesin dapat diterima dan mesin diperoleh dengan cara leasing.

Sumber :
1. Modul Panduan Praktikum – Manajemen Keuangan 2_Edisi ATA 2011 / 2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s