FAX SERVER Bag 1 Aplikasi Fax Server dalam Otomatisasi Kantor (Tulisan Softskill -8_semester 4)


FAX SERVER Bag 1
Aplikasi Fax Server dalam Otomatisasi Kantor
(Tulisan Softskill -8_semester 4)

A. Apa itu Fax Server.
Fax Server adalah suatu solusi yang menggunakan server sebagai tempat penerimaan/pengiriman fax. Dan karena Server tersambung ke semua jaringan, sehingga dengan demikian semua client/komputer yang tersambung bisa menggunakan fax tersebut cukup dari komputer masing-masing.
Sebuah server faks adalah satu set perangkat lunak yang berjalan pada sebuah komputer server yang dilengkapi dengan satu atau lebih faks-mampu modem (atau dedicated papan faks) yang melekat pada saluran telepon, atau yang lebih baru-baru ini, perangkat lunak emulator modem yang menggunakan T.38 ( “Fax over IP “) teknologi untuk mengirimkan sinyal melalui jaringan IP. Fungsinya adalah untuk menerima dokumen dari pengguna, mengubahnya menjadi fax, dan mengirimkan mereka, serta untuk menerima panggilan faks dan menyimpan baik dokumen-dokumen yang masuk atau meneruskannya pada pengguna.
Pengguna dapat berkomunikasi dengan server dengan beberapa cara, melalui jaringan lokal atau internet. Dalam organisasi besar dengan faks, komputer server hosting faks dapat didedikasikan untuk fungsi tersebut, dalam hal ini komputer itu sendiri mungkin juga dikenal sebagai server fax.

Ilustrasi Fax Server

B. Cara kerja Fax Server.
Fax Server akan diinstall aplikasi fax server yang berfungsi sebagai aplikasi management. Dan setiap komputer yang terhubung juga akan diinstall aplikasi versi client. Di komputer Fax server juga akan diinstall sebuah modem yang dihubungkan dengan jaringan telp (direct line). Dengan demikian fax akan berfungsi seperti layaknya kita mencetak (print). Katakanlah membuat sebuah penawaran dengan aplikasi MS.Word. Setelah selesai, tinggal memencet tombol print, dan otomatis fax server akan mengirim penawaran tersebut ke nomer yang Anda tuliskan.

C. Bagaimana jika ingin mengirim Fax dalam bentuk kertas.
Misalkan untuk mengirim Fax aplikasi transfer Bank atau brosur yang tidak dibuat dengan komputer. Dengan demikian Anda perlu men-scanning kertas tersebut sehingga menjadi digital file. Kemudian baru dikirimkan melalui fax server

D. Siapa saja yang memerlukan Fax Server.
Jika diperusahaan sudah terpasang jaringan network dan intensitas penggunaan Fax sudah lintas bagian, dimana bagi perusahaan transparansi adalah sesuatu yang penting, maka penggunaan Fax Server adalah suatu investasi yang layak dipertimbangkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s