ASPEK HUKUM DALAM EKONOMI SESI 6 PROSPEK INVESTASI DI INDONESIA


ASPEK HUKUM DALAM EKONOMI SESI 6
PROSPEK INVESTASI DI INDONESIA

A. Pengertian Investasi.
Sebelum membahahas mengenai prospek investasi di Indonesia, alangkah baiknya apabila membahas terlebih dahulu mengenai pengertian investasi itu sendiri agar lebih mengenal apa itu investasi. Dan oleh karena itu, berikut penulis cantumkan beberapa pengertian investasi dari beberapa sumber.

Wikipedia Ensiklopedia Bebas, menyebutkan bahwa Investasi adalah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan dimasa depan. Terkadang, investasi disebut juga sebagai penanaman modal.

http://www.infovesta.com, menerangkan bahwa secara harafiah, investasi adalah penyimpanan uang dengan tujuan memperoleh return yang diharapkan lebih besar dibanding bunga deposito untuk memenuhi tujuan yang ingin dicapai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan dan sesuai dengan kemampuan akan modal. Atau dapat diartikan juga sebagai suatu pengorbanan dalam bentuk penundaan pengeluaran sekarang untuk memperoleh keuntungan (return) yang lebih baik di masa datang.

Dengan kata lain yang lebih simple/sederhana, investasi adalah cara seseorang untuk mengelola uangnya baik itu dengan dibelikan property, ditabung atau ditanam ke dalam suatu usaha dengan tujuan mendapat keuntungan setelah masa/periode yang ditentukan sebelumnya.

B. Bentuk – bentuk Investasi.
Selanjutnya untuk lebih mengenal lebih lanjut mengenai Investasi, maka berikut ini penulis cantumkan mengenai bentuk – bentuk investasi yang penulis kutip dari http://www.infovesta.com.
Dalam kehidupan sehari-hari ada beberapa bentuk investasi yang kita ketahui, di antaranya yaitu :

1. Investasi property.
Investasi property ini dapat berupa penanaman sejumlah uang dalam bentuk property, hal yang paling lazim biasa dilakukan adalah dalam bentuk emas, rumah ataupun tanah.

2. Investasi ekuitas.
Investasi ekuitas ini umumnya berhubungan dengan pembelian dan menyimpan saham stok pada suatu pasar modal oleh individu dan dana dalam mengantisipasi pendapatan dari deviden dan keuntungan modal sebagaimana nilai saham meningkat. Hal tersebut juga kadang kadang berkaitan dengan akuisisi saham (kepemilikan) dengan turut serta dalam suatu perusahaan swasta (tidak tercatat di bursa) atau perusahaan baru ( suatu perusahaan sedang dibuat atau baru dibuat). Ketika investasi dilakukan pada perusahaan yang baru, hal itu disebut sebagai investasi modal ventura dan pada umumnya dimengerti mempunyai risiko lebih besar dari pada investasi situasi-situasi dimana saham tercatat di bursa dilakukan.

C. Prospek Investasi di Indonesia.
Berbicara tentang prospek investasi di Indonesia, sepertinya memang masih cukup menjanjikan, dalam kata lain prospek investasi di Indonesia memang cukup baik. Hal tersebut telah terbukti dari beberapa media internet yang memberitakan mengenai prospek investasi di Indonesia yang cukup baik.

Seperti halanya dalam Investasi Property di Indonesia, yang mana investasi tersebut dirasa cukup menjanjikan, sebagaimana yang diberitakan oleh http://www.investor.co.id yaitu sebagai berikut :

SURABAYA- Prospek investasi properti di Indonesia cukup menjanjikan karena produk investasi tersebut memiliki tingkat keamanan lebih baik dibandingkan jenis lain yang ditawarkan kepada masyarakat di Tanah Air.
Senior Economist and Government Relations Head Standard Chartered Indonesia, Fauzi Ichsan, menjelaskan, kondisi itu juga didukung oleh suku bunga global dan regional yang rendah.
“Selain itu, didukung besarnya permintaan pasar di Tanah Air terhadap beragam produk tersebut pada tahun ini,” katanya, di Surabaya, Senin (20/2).
Akibatnya, ungkap dia, kini banyak investor mengalihkan dananya dari deposito ke tanah. Apalagi, setiap tahun harga tanah di Indonesia meningkat antara 15-20 persen sedangkan bunga deposito hanya meningkat lima hingga tujuh persen per tahun.
“Walau produknya sama-sama bangunan, apartemen justru tidak disarankan karena ketersediaannya sekarang melebihi permintaan,” ujarnya.
Di sisi lain, kata dia, pada saat ini areal luasan tanah di pelosok Nusantara justru kian berkurang seiring banyaknya permintaan pasar properti.
“Perkembangan investasi di bidang properti tersebut membuat kami yakin bahwa tahun 2012 saat yang tepat menanamkan modal di sektor tersebut,” katanya.
Di samping itu, terkait instrumen investasi lain yang juga potensial dibidik tahun ini, tambah dia, salah satunya menanamkan modal berupa saham.
“Pemicunya, tahun ini kami prediksi laba korporasi meningkat 20 persen dibandingkan tahun lalu,” katanya.
Faktor lain, imbuh dia, ikut dipengaruhi oleh krisis ekonomi dan keuangan di Eropa diyakini segera pulih pada semester II/2012.
“Situasi ini yang secara otomatis meningkatkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG),” katanya.
Mengenai estimasi krisis ekonomi dan keuangan global, lanjut dia, diperkirakan mulai terlihat pada tanggal 20 Maret mendatang menyusul periode itu merupakan jatuh tempo utang Yunani.
“Kini, pasar ekonomi dan keuangan global hanya perlu menanti apakah Yunani bisa mendapat pinjaman dari IMF dan Uni Eropa atau tidak,” katanya.
(ant/hrb)

Selain itu dalam Investasi migas di Indonesia juga dirasa cukup menjanjikan, sebagaimana dilansirnya berita mengenai hal tersebut yang diberitakan oleh salah satu media internet terkemuka yaitu http://www.antaranews.com yaitu sebagai berikut :

London (ANTARA News) – KBRI Oslo bekerjasama dengan perusahaan minyak nasional Norwegia, Statoil menyelenggarakan acara Indonesia Day, di kantor Stavanger dan Oslo, Norwegia.
Antusiasme terhadap acara Indonesia Day terlihat dari banyaknya pegawai Statoil yang hadir dalam acara tersebut, ujar Pelaksana Fungsi Ekonomi KBRI Oslo, Wening Esthyprobo, kepada ANTARA London, Sabtu.
Dikatakannya acara yang digelar baru baru ini adalah dalam upaya mengenalkan Indonesia kepada para pegawai Statoil di Norwegia, yang selama ini hanya mengenal Indonesia sekilas saja.
Menurut Wening Esthyprobo, Statoil menilai Indonesia memilki potensi dan peluang investasi minyak dan gas yang semakin menarik.
Sementara itu Dubes RI untuk Norwegia, Esti Andayani, mengatakan kerjasama antara Indonesia dan Norwegia di bidang energi menunjukkan tren peningkatan yang cukup tinggi, di antaranya kerjasama Pertamina dan Statoil yang dimulai sejak 2007, serta kerja sama Tinfos AS dan KF Fjellikring di bidang hydropower.
“Keberhasilan Indonesia dalam memerangi terorisme, penanggulangan bencana, komitmen tinggi terhadap good governance, pemberantasan korupsi, dan peningkatan pendidikan mendukung naiknya daya tarik Indonesia di mata investor asing, termasuk Norwegia,” ujar Dubes Esti.
Presiden Direktur Statoil Indonesia, Tor Fjaeran, menyatakan, “Indonesia merupakan negara yang memilki sejarah migas yang panjang sejak 1885, jauh sebelum Norwegia yang baru mulai pada 1970an. Karenanya banyak yang bisa dipelajari dari Indonesia.”
Ditambahkannya, “Indonesia adalah negara yang menjanjikan. Fokus investasi Statoil di Indonesia adalah di sektor gas, terutama di lepas pantai bagian timur Indonesia, dan Statoil berencana untuk terus menambah lokasi pengeboran setiap tahunnya.
Statoil mempunyai pengalaman panjang serta keahlian eksplorasi lepas pantai, sebagaimana eksplorasi di Norwegia, sangat tepat untuk Indonesia.”
Dikatakannya investasi Statoil di Indonesia terus berkembang, diharapkannya pegawai Statoil dapat mengenal Indonesia secara lebih mendalam. Sejak membuka kantor di Indonesia, wilayah kerja eksplorasi Statoil dari dua telah berkembang menjadi 8 lokasi.
“Dengan bertambahnya lokasi operasi Statoil, maka semakin banyak kepentingan dan staf mereka di Indonesia, sehingga mereka anggap acara ini diperlukan,” ujarnya.
Acara Indonesia day diisi dengan pengenalan budaya Indonesia lewat tari, lagu daerah, serta makanan khas Indonesia, sampai dengan acara presentasi dan diskusi.
Para penari Indonesia membawakan tari Panji Semirang, Bajidor Kahot dan tari Topeng, yang mempesona para hadirin, diselingi penampilan band yang membawakan lagu-lagu daerah. Hadirin juga dimanjakan dengan nasi goreng dan sop buntut dan permen jahe yang laris manis mereka serbu.
“Saya sangat menyukai nasi goreng ini,” ujar salah satu pegawai Statoil yang hadir, yang dengan sabar mengantri “baru disajikan langsung habis terus, sehingga chef harus masak lagi,” tambahnya.
(ZG)

Editor: B Kunto Wibisono
COPYRIGHT © 2012

Sumber :
1. Wikipedia Ensiklopedia Bebas – Investasi.
http://id.wikipedia.org/wiki/Investasi

2. http://www.infovesta.com – Apa Itu Investasi ?.
http://www.infovesta.com/roller/vesta/entry/apa_itu_investasi

3. http://www.investor.co.id – Prospek Investasi Properti di Indonesia Menjanjikan.
http://www.investor.co.id/home/prospek-investasi-properti-di-indonesia-menjanjikan/30394

4. http://www.antaranews.com – Norwegia lirik peluang investasi migas di Indonesia.
http://www.antaranews.com/berita/308159/norwegia-lirik-peluang-investasi-migas-di-indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s